Mesin Koreksi soal Ujian (L J K)

   
  Ketika Komputer ?Mengoreksi? Hasil SPMBPikiran Rakyat Edisi 5 Agustus 2004
oleh Dian Putri Maharani
 
     
 

ANTARA Juni-Juli selalu menjadi bulan paling ?mendebarkan? bagi ABG dan orang tua. Seperti kita tahu setiap tahun ujian sekolah ataupun ujian masuk perguruan tinggi negeri yang biasa disingkat SPMB (seleksi penerimaan mahasiswa baru) selalu diadakan di bulan-bulan ini.

Kalau berbicara tentang ujian, ada beberapa yang langsung terpaku di pikiran, mulai dari yang agak berat seperti, bimbingan belajar, passing grade, pilihan jurusan, biaya, sampai hal-hal yang remeh, seperti pensil 2B, latihan mengisi lembar jawab komputer (LJK) dan lain-lain. Nah, terkait dengan pensil 2B dan lembar jawaban ujian, pikiran langsung tertuju pada LJK.

Bagi beberapa peserta ujian, mengisi LJK bisa jadi menjadi satu beban tersendiri. Kekhawatiran salah mengisi selalu menghantui langkah dan berakibat terbukanya pintu kegagalan masuk perguruan tinggi negeri, hanya gara-gara salah ?menghitamkan? LJK. Betulkah sebegitu gawat dan mencemaskan perkara LJK ini? Bagaimana sebenarnya komputer ?membaca? jawaban dari peserta? Benarkah kesalahan kecil, semacam kurang penuh mengisi bulatan jawaban akan berakhir fatal? Jawaban-jawaban atas pertanyaan yang menggelisahkan tersebut dapat kita kurangi kalau kita tahu bagaimana cara kerja OMR, si komputer pembaca LJK ini.

**

ADA istilah yang sering kali diucapkan para pelajar ketika baru selesai ujian, “Ah, sudahlah, pasrah aja. Soal jawaban itu mah terserah pak guru yang mengoreksi saja.”

Memang betul. Di masa dulu-dulu, bapak dan ibu guru akan berjibaku berpeluh keringat mengoreksi jawaban para siswa. Momen koreksi ini adalah peristiwa penting, bahkan maha penting. Boleh dibilang nasib orang ditentukan. Maklum manusia, termasuk bapak dan ibu guru kita, mungkin pula mengalami kealpaan. Susahnya, kesalahan itu akan ditanggung siswa, bisa jadi ditanggung seumur hidup. Itulah sebabnya orang terus -menerus mengembangkan metode dan teknologi untuk menghindari kesalahan dalam tahap ujian seperti ini.

Banyak sekali model menghindari kesalahan dalam ujian. Dari sisi metode ujian, ada model soal jawaban ganda, jawaban benar-salah, jawaban uraian, dan lain-lain. Tujuannya? Selain untuk menguji kemampuan siswa, juga agar mudah saat memeriksa hasilnya.

Barangkali kita masih ingat kalau dulu (mungkin sekarang masih ada juga) para guru untuk mengoreksi menggunakan lembaran bolong. Lembaran ini sebetulnya adalah lembaran jawaban pilihan ganda yang sudah dilubangi dengan bara rokok atau obat nyamuk untuk masing-masing jawaban tiap nomor. Kemudian, tinggal kita taruh di atas lembaran jawaban yang telah disilangi siswa. Nah, jawaban yang benar akan terlihat dari lubang-lubang itu, tinggal dihitung jumlah jawaban yang benar.

Ketika teknologi bergerak maju pesat, bidang pendidikan pun tak ketinggalan tersentuh kemajuan alat bantu berbasis komputer. Termasuk pula untuk menyelenggarakan dan mengoreksi hasil ujian. Dari sinilah mulai awal dikenalnya OMR dan LJK. OMR adalah Optical Mark Reader atau dalam terjemahan mudah kita kenal sebagai mesin pembaca tanda berbasis optik. Pada saat ujian berlangsung, jawaban dari soal dituliskan pada LJK dengan cara menghitamkan bulatan huruf jawaban (A, B, C, D, atau E) pada masing-masing nomor menggunakan pensil 2B. Selanjutnya jawaban itu ?dibaca? OMR yang telah memiliki setting jawaban benar untuk setiap soal ujian. OMR bertindak seperti lembar bolong koreksi jawaban yang dilakukan guru.

Nilai hasil ujian ditentukan dari berapa banyak jawaban yang benar. Penentuan nilai tergantung dari perangkat lunak (software) yang dipasang pada komputer dan terhubung dengan OMR.

**

LEMBAR Jawab Komputer ada beberapa jenis. Ada yang berupa lembaran (form) pilihan ganda yang bentuknya bulat atau oval untuk setiap pilihan jawaban, jawaban berupa tanda cek (V), dan juga tanda silang (X). Pada form LJK tersebut sudah tercetak (preprinted) beberapa penanda standar, yaitu Skunk Marks dan Timing Mark. OMR akan membaca tanda-tanda tadi untuk membantu dalam pembacaan form LJK.

Data hasil pemindaian (scan) tiap lembar LJK akan diproses perangkat lunak dalam komputer, selanjutnya data bisa disimpan dalam file, basis data atau langsung diproses untuk sekadar ditampilkan di layar. Semua itu bergantung pada spesifikasi masing-masing perangkat lunak yang disesuaikan dengan kebutuhannya.

Semua siswa yang mengikuti ujian dengan LJK pasti tak lupa berkali-kali diingatkan untuk menggunakan pensil 2B untuk menghitamkan bulatan jawaban, pensil harus dengan sempurna mengisi bulatan, kemudian kertas jangan sampai kotor atau terlipat.

Apakah benar harus menggunakan pensil 2B? Penulis mencoba melakukan scanning form yang telah diisi dengan menggunakan pensil jenis HB dan juga tinta ballpoint sekadar ingin membuktikan kebenarannya. Ternyata isian dengan pensil HB dapat terbaca. Sedangkan isian dengan tinta ballpoint tidak terbaca tapi tidak menyebabkan error. Sebenarnya penggunaan pensil diinstruksikan agar peserta ujian mudah untuk mengganti jawaban, karena pensil mudah dihapus. Sementara ajuran penggunaan pensil 2B karena kualitas penghitamannya lebih tajam dibanding jenis lainnya.

Mengenai pengisian jawaban yang harus sempurna mengisi bulatan dan tidak boleh lebih dari bulatan, itu tidak sepenuhnya benar. Selama pensil tidak melebar ke area jawaban yang lain, jawaban akan tetap terbaca. Jika sampai melebar ke area jawaban yang lain, akan ada dua jawaban yang terbaca. OMR akan mengembalikan karakter * (asterik) sebagai hasilnya, yang berarti data tidak benar.

Berikutnya, syarat lain yang biasanya diinstruksikan kepada peserta ujian adalah form jawaban tidak boleh terlipat. Sebenarnya, ketakutan akan terlipatnya kertas tidak perlu dibesar-besarkan. Terlipat sedikit di ujung-ujung kertas bukanlah suatu masalah asal jangan sampai kotor dan berwarna gelap di area utama form yang akan di-scan, karena dikhawatirkan OMR akan menganggapnya sebagai jawaban. Tetapi jika kertas terlipat cukup parah dikhawatirkan akan tersangkut dan menyebabkan kemacetan pada perangkat OMR.

**

PEMROSESAN LJK dimulai dengan meletakkan setumpuk LJK pada input hopper dan tentunya OMR dinyalakan terlebih dahulu dengan menekan tombol power. Berikutnya sheet guide dirapatkan yang sesuai dengan ukuran lebar LJK, layaknya sheet guide pada alat cetak (printer) biasa.

Jika LJK tidak diatur menggunakan sheet guide dan posisinya tidak tepat, bisa jadi OMR mengalami kemacetan saat bekerja. Berikutnya lagi, status proses akan dimunculkan pada panel operator seperti layar telefon genggam. Untuk memulai proses pemindaian (scan), push button switches di sebelah kiri harus ditekan terlebih dahulu hingga muncul prompt ready.

Proses scan terjadi pada transport bed, kemudian LJK akan keluar dan tertumpuk pada output stacker. Sementara pada panel operator akan menampilkan status scan.

Peletakan LJK pun harus benar, tidak boleh terbalik yaitu timing marks harus pada sisi yang sama dengan panel operator. Proses dapat dihentikan dengan menekan push button switches di sebelah kanan. Di bagian sheet guide terdapat garis batas maksimum tumpukan LJK dalam satu kali proses koreksi. Biasanya tumpukan form tidak lebih dari 200 lembar, karena OMR bisa macet jika tumpukan berlebih.

Lantas bagaimana OMR membaca tanda hitam pensil? Perangkat ini tidak memerlukan kepintaran semacam pengenalan karakter (character recognition) pada perangkat OCR (Optical Character Recognition). Pada OMR, sinar infra merah yang diarahkan pada LJK tidak akan direfleksikan jika mengenai pilihan jawaban yang dihitamkan dengan pensil. Perangkat lunaklah yang berperan untuk mencocokkan posisi jawaban dengan informasi pada LJK.

Informasi jawaban apa saja yang akan diproses perangkat lunak, didefinisikan pada file definisi form. File ini mendefinisikan posisi kolom atau baris jawaban relatif terhadap skunk marks dan timing marks, tipe jawaban seperti angka numerik atau abjad, serta cara baca form yaitu horisontal atau vertikal.

Beberapa perangkat OMR yang beredar di pasaran sekarang telah meningkat kemampuannya. Sebagai contoh OMR 100M tipe visible red (sinar merah yang tampak dengan mata) dapat membaca isian berupa lubang-lubang pada kertas (punched) dan tinta ballpoint warna hitam atau biru dengan kecepatan 25-35 lembar/menit. OMR yang menggunakan port serial RS232 atau port USB sebagai port komunikasi dengan komputer ini dibandrol sekira Rp 30 juta-an di pasaran. Jenis lain dengan kemampuan lebih besar (lebih cepat) berharga tak kurang dari Rp 50 juta.

Lumayan mahal, namun karena sangat membantu, boleh dikata dana tak terlalu jadi masalah. Coba bayangkan untuk mengoreksi seluruh jawaban peserta SPMB yang berjumlah sekira 70.000 lembar jika dilakukan secara manual. Tentunya sangat besar potensi konflik akibat kesalahan manusia.

Penggunaan OMR tak hanya sebatas pada pengoreksi ujian tapi juga banyak hal seperti kuesioner, lotere, survei, jajak pendapat sampai dengan aplikasi medis seperti hasil pemeriksaan laboratorium.

Teknologi OMR ini semakin hari semakin maju. Yang menarik selain kemampuan pembacaannya yang kian meningkat, harga OMR pun makin turun. Sehingga tak heran kalau beberapa sekolah dan bimbingan belajar pun mampu untuk membeli. Tentu saja fasilitas ini makin mempermudah proses ujian dan ujicoba ujian di masing-masing institusi tersebut.

Terlepas dari sifat teknis teknologi yang tak menuntut bermacam-macam kehati-hatian. Namun tentu saja demi keamanan, nasihat bapak guru untuk berhati-hati dalam mengisi LJK tak ada salahnya untuk selalu diingat. Mudah-mudahan sempurnanya usaha juga ikut membawa berkah hasil ujian. Apakah nama Anda tercantum dalam koran pengumuman SPMB pertengahan bulan ini?

 
  .:: o0o ::.
About these ads

125 thoughts on “Mesin Koreksi soal Ujian (L J K)

  1. Artikel di atas dibuat rekan saya pada tahun 2004.

    Kalau sekarang, OMR sudah dianggap ketinggalan zaman. Keharusan menggunakan pensil, pengisian tanda dengan bulatan serta tebalnya jenis kertas yang digunakan menjadi penyebab pemeriksaan LJK kini menggunakan scanner gambar dan perangkat lunak. Perangkat lunak yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Digital Mark Reader (DMR).

    Pada UASBN 2008, Puspendik Depdiknas menetapkan DMR UASBN sebagai perangkat lunak resmi untuk digunakan di setiap dinas pendidikan kota dan kabupaten di Indonesia. Scannernya menggunakan scanner gambar, bukan lagi scanner OMR.

    Selain untuk keperluan pendidikan, DMR juga banyak digunakan pada seleksi CPNS, seleksi rekrutmen, penilaian kinerja serta kueisioner pelanggan di perusahaan BUMN, swasta, maupun multinasional.

    makasih mas informasinya, semoga bermanfaat

  2. adakah kemungkinan cara untuk mengakali ljk supanya pada saat scanning dianggap benar oleh sofware yang memeriksa ljk.

  3. Teknologi interpretasi gambar akan terus senantiasa berkembang dengan pesat. Hal ini disebabkan oleh :
    1. Scanner Koreksi / Scanner Pemeriksa ujian yang menggunakan scanner gambar ADF sudah sangat murah.
    2. Teknologi berbasis gambar/citra sangat transparan, sehingga bila mana terjadi kesalahan pengisian/pembaca akan mudah terlihat untuk kemudian diverifikasi
    3. Suport kemudahan pembuatan desain dengan disediakannya form designer (pendesain form LJK)
    4. Beberapa software mark reader berbasis image mampu memberikan akurasi yang tinggi dalam kasus LJK miring dan pengisian tanda silang dengan pensil tipis

    Perkembangan dari scanner data OMR menjadi scanner data berbasis Image ini tentu saja akan terus berkembang.
    Puncaknya adalah kompetisi akurasi pada pembacaan tulisan tangan atau yg dikenal dengan ICR (Intelligent Character Recognition) yang saat ini teknologi lokal belum kompetitif dimarket nasional/internasional.

    Salah satu software pengenal/pembaca tulisan tangan yang sangat akurat pada berbagai kondisi akan segera dilaunch oleh pengembang software SMR (Smart Mark Reader) dengan nama brand merk Smart Form Reader, yang 100% memiliki engine ICR yang boleh dibilang The Latest Technology.

    Dimas P Prabowo ,S.T.
    http://www.smartmarkreader.com
    email : dimas_pp@yahoo.com

  4. saya mengikuti snmptn dengan memekai pensil 5b.itupun tidak diketahui.baru ketika hari ke dua ujian, saya melihat bahwa pensil yangsaya gunakan semenjak mengisi formlr hingga ari pertama ujian.ternyaa saya tidak lulus, padahal saya yakin bakal lulus.karena saya mrndaftar pada jurusan impian saya,yaitu sastra jawa ui.

  5. Saya sedang mengikuti uN tahap SMA,saya khawatir dg hasi Ujian saya, saya ingin tau cara kerja smartmark reader,katanya kalau jawaban yg sudah dihapus,tetap masih bisa dibaca?benarkah?tolong di jawab ke email adressku,sbelumnya maaf merepotkan.trimakasih atas jawaban anda,

  6. gimana jika hari pertama pengisian nama sekolah di lembar ljk beda di hari yang ke duanya
    misal hari pertam dengan nama “SMA NUR AZIZI” dan di hari kedua “SMA SWASTA NUR AZIZI”
    tolong jawab ya di email saya..please

  7. gimana klo jwbn di ljk agak menggelembung??
    tpi ga parah kok.
    soalnya aku ga pke kaca bwd alasnya…
    tlg dijawab yaa ke email sya…
    makasii bgd.

  8. owyah.. klo lupa nulis namasekolah,itu erorr apagax sich?
    kira2 apa yang membuat LJUN itu erorr?
    thanks

  9. Ay. .
    GwE mau tny apkah ljk gwE error. .
    Krn ljk gwE tercoret pulpen. .
    Memang gk tebal sih. .
    Kenanya di bagian luar ljk
    plis. . Jwb a

  10. owyah..
    thankZ bgt ya jwBn ny..
    iy aQ lupa nulis nam scuL wktu ujian matematika..he
    oia juga nech..
    kmren d lembar jwbn aq nandai 2 jwbn..
    itu pun cm garis, kayaknya aq lupa ngapusnya, yang aq itami cuma 1, itu bisa eror apa gax?????
    se x lg thanks bgT..

  11. Terima kasih banyak atas informasi yang berharga ini, Majulah Bangsa Indonesia ini !!

    Salam
    -Doni-

  12. saya mau tanya apkah LJK tercoret pulpen
    di bagian hitamny (dibagian luar) akan erorr atw gmna?
    cuman garis doankz …. pliz
    tolong bales ke mail saya,,,, thx

  13. InsyAllah tidak masalah
    kalaupun bermasalah mungkin akan terdeteksi
    tapi semua tergantung pada alat atau scaner yang dipakai dalam mengoreksi
    biasa nya proses ini cukup teliti dan tidak merugikan siswa
    sukses ya

  14. jika saya mengisi LJUN tanggal ujian salah apakah akan error
    karena saya menulis tanggal ujian tanggal 22 padahal ujiannya tanggal 23
    dan klo LJUN kita nandai 2 jawban yang satunya kita bundari dan satunya lagi kita kasih garis
    kira2 brpgaruh ga’ LJUNny ? tlg ya jawbanny kirim di email saya..trima ksih sblmny

  15. secara umum mesin scaner membaca komponen penting dari lembar jawaban ujian, seperti nama, nomor ujian, tanggal lahir, kode soal dan jawaban semuanya saling melengkapi sehingga kecil kemungkinan ada kesamaan dalam mengisi. bila salah mengisi tanggal biasa tidak begitu berpengaruh tetapi bila mengisi jawaban dengan 2 pilihan pada satu nomor ada beberapa jenis scaner yg akan berhenti beroperasi jika ada jawaban yg ganda ada juga yg tetap berjalan tetapi memberikan tanda pada identitas pemilik lembar jawaban, dan akan ada pemeriksaan ulang oleh petugas dan petugas akan menghapus salah satu jawaban yg ada pada lembar jawaban tersebut
    semoga bisa dipahami

    sukses

  16. apabila LJK terdapat noda kuning kemudian dihapus dan terdapat bekas kecoklatan seperti akan berlubang, apakah akan bisa terbaca komputer ?
    Letak kotor tersebut di samping kotak tanda tangan ? Apa mempengaruhi jawaban kita ?

    Apabila tidak bisa terbaca komputer apa akan dikoreksi secara manual?
    Tolong jawab segera, terima kasih.

  17. mas eko saya mo nanya nih…..
    ap benar kalau LJK terkena keringat,jd g bsa terbaca?
    bagaimana jika terkena keringat hanya pada bagian paling bawah LJK nya saja,( tapi bukan pada kotak2 hitam nya)?
    dan bagaimana pula jika bagian bawah tersebut sedikit kotor?
    mohon jawaban nya…

    Thaks b4..
    .

  18. kalau pas menghitamkan LJUNnya sedikit terkelupas apa masih bisa kebaca scanner? Trs kalo menghitamkan LJUN sampe tembus ke belakang jadi masalah nggak? Tks.

  19. klo gak berlubang dan masih terlihat hitam masih bisa di baca oleh mesin jenis DMR
    tapi klo dah sobek sepertinya bisa terjadi error tapi jgn khawatir mesin jenis DMR tetap bisa membacanya
    mudah2an anda tidak dirugikan

  20. insyalloh gak bermasalah
    klo pake mesin jenis DMR lembaran sobek dan kusam pun masih bisa terbaca
    jgn khawatir mudah2an Anda tidak dirugikan

    sukses

  21. secara umum mesin jenis DMR masih bisa membaca LJK seperti yang Anda maksud
    dan jgn khawatir jawaban yang bermasalah akan dikoreksi ulang
    mudah2an tidak merugikan Anda

  22. Tks banyak atas jawabannya saya jadi sedikit tenang. Tp maksudnya kalo ada jawaban yang bermasalah bisa dikoreksi ulang apa?

  23. apa memakai 2 merk/jenis pensil yg berbeda (tapi sama2x 2B) dlm 1 lembar jawaban mengakibatkan error?

  24. mas Mau tanya,..pas UN kmarin LJK saya Bolong dikit pas di nama,.
    kan nama saya MUH.NUR FAJRIAWAN trus di huruf R tu paz tax lingkari tembus,..truss tax tebelin bisa lengket lgi kya semula…Sya tanya ke penGawas sama Bag.KurikulUm saya katanya gpp…taPi saya Kwatir bgt,..Tlong saya di KAsih jawabanya secepatnya

  25. InsyAlloh gak masalah, kalau mesin scaner nya DMR insyAlloh bisa terbaca
    dan biasa nya ada koreksi ulang untuk LJK yg bermasalah
    yang penting NOMOR UJIAN dan yg lain tidak bermasalah
    sebab selain nama identitas yang lebih penting adalah nomor ujian n tgl lahir

    sukses ya
    mudah2an gak ada yang dirugikan

  26. insyAlloh gak masalah
    klo mesin scaner nya DMR
    mau pake pena, pensil, spidol dll asal warna hitam tetep aja bisa dibaca
    sukses

  27. mas/kak q mw nanya klo misal slah ngsi blan/tgl ujian pa kah bermasalah?pa kah komputer.a akan eror? tlg jwab ya mas!mkasih ya..

  28. mas,mw nanya klo slh bla ujian pha brmsalah kan seharus.a bln 5 tg q ngsi bulan 4?pha kah kmputer akan eror? jawab ya mas!trims

  29. kak,mw nanya klo msal salah bln di tgl ujian pa kan brmsalah?pa kmputer.a akan error?tlg jwab ya kak!mksih

  30. insyAlloh gak masalah
    yg dijadikan identitas adalah nomor ujian, tgl lahir, nama dan kode LJK
    semoga tidak merugikan adik putry

    sukses ya…
    dah lulus kan??

  31. insyAlloh gak masalah
    yg dijadikan identitas adalah nomor ujian, tgl lahir, nama dan kode LJK
    semoga tidak merugikan adik putry

    sukses ya…
    dah lulus kan??

  32. terimakasih atas info pensil menggunakan HB karena waktu ujian sekolah saya menggunakan pensil HB,,,salah pake pensil, jadinya khawatir,,,
    ternyata gak pa-pa ya….?

  33. halo mas eko,
    bagaimana jika saya mencorat coret dibalik kertas jawaban untuk OMR dengan pensil. apakah mesin OMR mengalami error karena membaca corat coret saya dibalik kertas jawaban tersebut.
    dan apakah mesin OMR bisa memeriksa kertas jawaban bolak balik?
    Terima kasih banyak mas eko. :)

  34. he…
    salam kenal
    makasih dah kunjung
    setahu saya yg dibaca mesin scaner cuma halaman depan saja
    mudah2an gak ada masalah mas
    sukses

  35. mau tanya pak, mohon di jawab segera..
    Hari ini saya menghitamkan LJK karena sedang menjalani US di sekolah saya. Jawaban di LJK saya tidak saya bulatkan penuh karena takut kalau penuhh keluar. Apa bisa terbaca? Bagaimana cara membulatkan jawaban yang benar di kertas LJK? Balasan di tunggu segera.

  36. gan ane tadi abis UAS ane mau nannya..kan ane bersihin serpihan granit pensilnya ditiup ya..nah waktu niup..ludah ane kepercik..sangat sedikit sekali sih…nah belum kering sempurna..ane ngisi jawban dibawahnya…jawabannya ane apus…nah kertas yang tadi kena ludah ane kelupas sangat sedikit sekali sih..tapi ane plototin kertasnye baek baek aje…ane terawang juga masih tebel…itu gimana gan?

    oh iya yang kedua kalo di area pengisian jawaban ada kotoran selain bahan granit pensilnya.. semacam keringat sehingga LJKnya kotor tapi dikit banget…samar samar sih,gak keliatan sih…..itu gimana gan?

    penerangannya ya gan..di email ane tunggu

  37. insyalloh gak masalah
    klo mesin koreksi yg digunakan pake sistem DMR tetap akan terbaca
    semua lembar jawaban sebelum dikoreksi tentu akan di periksa terlebih dahulu
    jangan khawatir
    sekarang doa aja smeoga semuanya baik2 aja
    cara menghitamkan yg bener
    bulatan nya penuh dan menggunakan pinsil 2B
    itu aja
    dan jangan sampe salah bulatin ya
    sukses buat kita semua

  38. mas, saya mw tanya..
    kemaren swaktu US saya nyoba ngelakuin trik kayak gini :

    misal :
    jawaban yang saya pilih “A” terus saya hitemin buletannya, dan yang B,C,D,E semuanya saya kasih goresan-goresan pensil yang gak nampak kalau dilihat sekilas mata, tapi ada. karna saya coret pas di hurufnya.

    so, secara gak langsung 1 nomor saya jawab semua kan, wlaupun 4 pilihan yang lain hanya dengan goresan/coretan.

    menurut mas gimana, apa scanernya ngebaca jawaban saya..?? apa dengan cara itu jawaban saya positif benar..?? atau malah scanernya ngbaca LJK saya error..??

    TOLONG DIJAWAB YA MAS,,,

  39. mas kalo saya mengisi LJKnya terlalu sya tekan tapi gak bolong msih bisa dibaca gak mas
    tolong di jawab ya

  40. mas,saya mau tnya.
    teman saya mengisi ljk dengan menggunakan pensil HB.tapi dalam melingkari sudah cukup hitam..apakah isi dari ljk tersebut dapat terbaca oleh scanner??
    thx yahh..tlong di bls ke email saya..thx.

  41. mas saya mau tanya nni .. tolong jawab segera ..
    tadi saya UN MTK .. pas hampir selesai saya lihat di kolom kosong nomor ujian (yang biasa di’isi tanda setrip “-“) itu kotor .. saya coba bersihkan ternyata kertas sobek seddikit ..
    apakah bermasalah ya mas .. robekan tipis tp aga memanjang ,, saya takut tidak terbaca oleh scanner ..apakah perlu menghadap kepala sekolah untuk mengurus ujian ulang ? jika tidak terbaca akan ada pemeriksaan ulang oleh petugas ?
    dan apakah nilai akan keluar ..
    terima kassih

  42. mass mau tanya … saya siswa UN ke maren pass ngerjain UN biologii
    saya salah menghitam kan truss saia apuss malah ngebekas hitam …lumayan jelas seperti warna coklat muda… apa itu bisa ke baca di komputer,,, saya takut klu ng bisa ke baca saiya ng lu2s… mohon jwban na ea?
    trimakashhh

  43. OM/KK saya mau nanya
    nama w di KARTU UJIAN w kan CHANDRA KOSASI
    tapi w tulis di kertas ujian (LJK) CANDRA KOSASI
    MOHON KOMENTARNYA Y THANKS…..
    w tulis gitu DARI awal ujian -akhir

  44. mas, ini cara kerjanya sama kayak cara kerja mesin priksa UN nggak?

    trus kalo iya, tadi saya waktu ngisi (waktu terakhir banget) ljun saya kena darah, tapi cuma 1 titik kecil, lalu saya panik trus saya hitamin trus saya hapus2 sampe pudar (kalau dr jauh terlihat kyk bekas hapusan jawaban yang salah tp sedikit coklat). itu apa bisa kebaca? seandainya kalo gak kebaca apakah dimanual? atau dianggap 1 nomor itu aja yang salah? apa bisa fatal sampai semua jawaban UN saya tidak berlaku? thx

  45. pada waktu ujian nasional pd tanggal 20 april 2011 saya salah membuat tanggal ujiannya. saya buat tanggal 20 april 2010. gimana ne mas.
    apakah itu dapat menyebabkan eror?
    balas dengan cepat ya mas.
    soalnya aku dah takut tidak lulus nih mas

  46. mas, mw nanya. wktu ane ngehapus jawaban yg salah, krtas ljk ane terkelupas tapi gg sampai tembus atau bolong. kejadiannya di soal nomer 7. gg papa tuh??? apa jawabanya gg naik???tolong djawab y mas

  47. mas eko saya mau nanya

    Pada saat ujian pelajaran bahasa Indonesia saya salah menghitami program studinya. Saya jurusan ‘ips’ tapi saya malah mengisi program studi jurusan ‘bahasa’.

    Apa akan berakibat fatal mas? Atau akan ada koreksi oleh petugas pemindai?

    Tolong dijawab mas, terima kasih sebelumnya.

  48. klu membulatkan ljk tidak sepenuhnya sempurna misal tidal seluruh bulatan tersebut hitam masih ada sedikit putih itu apa bisa d baca ma komputer

  49. mas gimana kalo aku ga mengisi jawabannya..misalnya nomor 11 tidak saya isi dan 12 saaya isi..dan ada angka yg saya tidak isi lagi..apakah jawaban saya akan naik isian no 12 jadi no 11?? atau error?? gimana mas?? tolong dijawab…gelisah sayaaa…

  50. assalamu’alaikum,,
    pak,, saya mau tanya,,
    kemarin waktu UN bahasa Inggris ada jawaban yang saya ganti,, dan waktu saya hapus jawaban saya yang pertama kertas LJ UN nya sedikit terkelupas,, naaa kalau seperti itu apakah kertas LJ UN saya bisa terbaca oleh scanner,, ??
    mohon penjelasannya ya pak di email saya,,
    terimakasih,,

  51. mas eko, apakah ada koreksi manual bila LJK tidak terdeteksi scanner secara keseluruhan? tlg segera dijawab karena saya gelisah, trims

  52. kak, mau nnya, saya wktu UN kmaren kan seharusnya nulis nomor UN nya 017 tertulis 060, kemudian saya hapus, eh, kolom 6 dan 0 nya terkelupas, lalu kemudian saya hitamkan kolom 0, 1, 7 …. apakah kelupas-an itu berpengaruh terhadap data saya? apakah akan merugikan saya? tolong dijawab, saya sudah berkeringat dingin, mkasih ya kak

  53. mas, mw ty.. sya itemin buletannya tebel terus pas kertasnya dibalik keliatan ada bulet2’a tp gk timbul… tu lulus gx? tolong dijawab y… thx

  54. kak,pengen nanya,kalo misalnya LJUNnya kotor karena pas mau menghapus terusa ngebekas gitu,ada pengaruhnya ga pas discanner?terus kira” kalo emg mslh,bkl di periksa manual ga sm pengawasnya,thanks

  55. sy ingin bertanya, sy tdk sngaja mengotret/menghitung d ats LJUN, mksud sy ya sy mngotret d krtas yg pngawas kasih, tpi krtas.y ada d ats LJUN, shingga ada bkas.y . bagaimana sy jdi tdk tnang, bls scpat.y trimaksih

  56. Klo LJK sya kotor krn kena lunturan cat penggaris ujian trus saya hapus,lalu kertasnya jdi kuning,kta pengawas sih gk pa2 tp saya msih deg”an nih….
    mnurut kakak gmna?????

  57. Gan, LJUN gw tertekuk tp d luar kotak bulatanny. Kta pengawasny gpp tp gw msi waswas nympe skrg. Mohon infonya mas eko

  58. kak, mau nnya, saya wktu UN kmaren kan seharusnya nulis nomor UN nya 017 tertulis 060, kemudian saya hapus, eh, kolom 6 dan 0 nya terkelupas, lalu kemudian saya hitamkan kolom 0, 1, 7 …. apakah kelupas-an itu berpengaruh terhadap data saya? apakah akan merugikan saya? tolong dijawab, saya sudah berkeringat dingin, mengetahui kelupas-an itu -____________-

  59. maaf pak, tolong dibalas ya…kalo UN 2011 untuk SMP apakah sudah menggunakan DMR? karena saya pada hari pertama salah menggunakan pensil 5B, apakah jawaban saya dpt dibaca,terimakasih….

  60. mas klo di nomor tes saya slah melingkari trus saya hapus masih ada bekasnya????? itu bermasalah atau gk ms????? mhon dijawab…

  61. mas kemarin ljk saya kena liur karena ketawa!
    tapi sedikit(tapi airnya nggak kena pilihan/a,b,c,d)aja langsung ljknya saya lap k soal lalu saya biarin lama2 kering lalu saya liat nggak berbekas itu gimana?apakah ljknya eror?

  62. mas maaf sebelumnya mau bertanya, hari ini saya mengikuti ujian snmptn, karna terlalu asik mengerjakan dan jam tangan saya ternyata telat 5 menit ketika bel ljk saya masih kosong dan saya terburu2 menghitamkan, semua bulatan tidak penuh, hanya saya hitamkan ditengahnya saja. apakah jawaban saya terbaca mas ? saya galau. mohon dijawab segera ya mas. terima kasih

  63. pas snmptn, panitia menginstruksikan kolom pernyataan “Dengan ini saya………………” disalin menggunakan pena.
    sedangkan di lembar jawaban ujian nya cuma tertulis, yg pake pena itu cuma bagian tanda tangan…

    kira-kira ngaruh g ya pas dikoreksi??
    mhon balesannya… :)

  64. insyalloh bisa terbaca
    klo koreksinya pake DMR alat ini membaca gambar dengan sensitifitas yg bisa diatur
    mau bulatan item ditengah gak penuh tetepa aja kebaca, pake spidol juga bisa kebaca, yg penting item gitu aja
    kalau pun gak bisa biasanya ada operator n korektor yg ngoreksi manual

  65. klo kasus seperti ini insyalloh gak masalah
    klo air liur nya ada virus yg bisa nular ke komputer mungkin aja error
    he…
    maaf bercanda
    setahu saya kertas yg dah kucel n sobek asal gambarnya masih terlihat, akan tetep terbaca
    jangan cemas kan ada operatornya
    semoga Anda tidak dirugikan

  66. mas saya mau tanya tolong djawab ya mas
    kmarin saya ikut ujian SNMPTN “lupa bulatkan kode soalnya waktu TPA” tapi semua data terisi penuh

    hari kedua “semua saya isi”
    jadi mas “apakah nomor saya bisa keluar ??” atau semua eror
    tolong dijawab ya mas..
    saya bingung dan takut

  67. mas saya mau tanya dong
    plis dreply
    kmarin hari 1 snpmtn saya lupa hitamkan kode soalnya tapi sata terisi penuh
    hari ke 2 semua saya isi penuh

    jika begitu “Apakah Nomor UJIAN saya akan tetap keluar ?” apakah langsung eror ?? plis jawab ya mas

  68. mas saya mau tanya dong
    plis dreply
    kmarin hari 1 snpmtn saya lupa hitamkan kode soalnya tapi Data..nomor ujian terisi penuh
    hari ke 2 semua saya isi penuh .. kode ,, data .. nomor ujian

    jika begitu “Apakah Nomor UJIAN saya akan tetap keluar ?” apakah langsung eror ?? plis jawab ya mas

  69. mas kmarin snmptn hri 1 sya lupa htamkan kode soalnya.tapi no pesrta , data sy isi smua
    hari ke2 sya isi smua.
    Mas kalau gitu apakah nomorny bsa keluar.
    Pa lngsung eror mas?
    Plis jwb y mas

  70. Mw nanya..
    Z bru aj UN hri prtama..
    Tp LJK sya ad bkas pnghapus kyak cretan tpi gak mw hilang..
    Apa itu brmslah??
    Mhon jwbn.y,aq tkut bangett..

  71. mas tanya kalau ljk saya sobek smpai ke kotak tapi nggak sampai bulatan apa bisa terbaca komputer?makasih

  72. ,mas eko,,, kemaren sy ujian, nah waktu hari pertama thu guru slh kasih paket soal ya agku hpus lg dr 15 jd 54 tp granit.x msh kelihatan,, dan wktu krja matematika thu agku mw tiup serbuk granitnya, eh mlah LJKq kena ludah tp agku liat kyk gk basah trus agku balik ljk.x jg gak tembus, ithu msh bisa kebaca gk? Makasih t0l0ng d.jwb ya sya gelisah skali,

  73. gini lo mas, LJK saya tercoret dengan PULPEN, lumayan panjang juga. sekitar 15 CM.
    kata pengawasnya bilang itu tidak masalah. tapi aku masih takut mas.
    apa itu tidak membuat eror mas?
    bls ya !
    trims .

  74. LJUN saya kena cat meja sedikit,karena meja di sekolh saya baru dicat,trus agak lecet jga sdikit karena saya hapus2,apkh LJUN sya tsb msih bsa dbca scanner ?? tlong jwbnnya agr sya bsa lbih tenang .

  75. saya mau tanya,waktu UN bhasa inggris kertas LJK saya bertanda jepitan papan dan timbul kedalam(menggelembung )apakah masih bisa trbaca scanner…..mohon skali jawaban nya

  76. Pak sy mw tnya,
    klu buletin LJK na terlalu tebal,apa nilai na bisa keluar?
    n gmna klu da yg g di isi?

  77. terima kasih banyak atas infonya mas eko… menumbuhkan prcaya diri saya lagi. karna SNMPTN kemarin ga sengaja saya menggunakan pensil HB

  78. hm..
    insyalloh tetap diperiksa,doa aja semoga baik2 aja, klo ttd dijadikan bagian identitas legal dari lembar jawaban maka akan eror, tp jgn khawatir alat yg digunakan akan memindai nomor peserta yg sudah ditulis, jd kemungkinan besar lembar jawaban akan tetap terkoreksi tanpa eror

  79. LJK sy kotor karena noda dr penghapus. Udh 3x sy hps tp ttp gk bisa-bisa. Apa masih bs kebaca sm scannernya? Kotornya karena sy mau hapus bulatan pensil yg keluar dr garis, tp bknnya trhapus mlh mlbr. Masih agak hitam. Tp tdk sampai kebulatan yg lainnya. Apa itu tdk apa-apa? Apa msh bisa terbaca scannernya? Tolong jawab. Saya takut …

  80. aass…

    saya mau tannya..
    apakah cuma jawaban yang benar saja yang di baca OMR??
    dan apa jawaban yang sala tidak di baca??

    gmana kalu pilihan jawaban a,b,c,d,dan e saya bulatin semua apakah bisa di bca??
    mohon jawaban nya…??
    was,,

  81. ka eko , pls di reply .
    emang di LJUN itu ada semacam lilin ya ? kenapa lengket di tangan , kan LJUNnya lengket tuh kak di tangan saya apa masih bisa di scan oleh komputer ?

  82. LJK tahun ini sangat tipis dan bulatannya mudah hilang jika hapus. apa dampaknya jika bulatannya terhapus?

  83. kak mau nnyak,kemarin pengawas saya memisahkan ljk dari soalnya itu gak rapi,keluar dari batas guntingan,itu dpt terscan gak?

  84. mas gmana kalo tanggal lahir,antara bulan dan tanggal kebalik?tapi tahun lahirnya bner….kirakira LULUS ngga?

  85. Ka saya mau nanya,jadi di sekolah saya itu ulangan semester akhirnya pakai ljk gitu… Trs pas hari pertama saya salah ngisi tanggal lahir,cuma itu aja yang salah kira” kebaca ga ya di komputernya saya takut,saya ga naik,padahal saya gak mau mengecewakan orang tua saya,, tolong di jawab ya… Sekian dan terims sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s