Sertifikasi Guru Bimbingan dan Konseling

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, guru Bimbingan dan Konseling (Konselor) memiliki karakteristik yang berbeda dengan guru pengampu mata pelajaran. Guru Bimbingan dan Konseling lebih mengedepankan dan menitikberatkan pada pendekatan interpersonal serta sarat dengan nilai, sedangkan guru mata pelajaran lebih mengutamakan pada pendekatan instruksional dan terikat dengan bahan ajar dari mata pelajaran yang diampunya. Kendati demikian, keduanya tetap memiliki tujuan yang sama yaitu terwujudnya perkembangan pribadi peserta didik secara optimal.Terkait dengan penilaian portopolio dalam rangka sertifikasi, yang membedakan antara guru pengampu mata pelajaran dengan guru bimbingan dan konseling terletak pada komponen perencanaan dan pelaksanaan kegiatan.

Bukti fisik penilaian dalam merencanakan kegiatan bimbingan dan konseling, berbentuk :

  1. Mengumpulkan 5 buah Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling (PPBK) yang berbeda, dengan aspek-aspek penilaian meliputi : (a) perumusan tujuan pelayanan; (b) pemilihan dan pengorganisasian materi pelayanan; (c) pemilihan instrumen/media; (d) strategi pelayanan; dan(e) rencana evaluasi dan tindak lanjut.
  2. Mengumpulkan Program Semesteran dan Program Tahunan, dengan aspek-aspek penilaian meliputi : (a) program semesteran Bimbingan dan konseling dan (b) program tahunan Bimbingan dan konseling

Sedangkan bukti fisik penilaian dalam pelaksanaan pelayanan berbentuk Laporan Pelaksanaan Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling (PPBK) , dengan aspek-aspek penilaian meliputi :
1. Agenda kerja guru bimbingan dan konseling (konselor)
2. Daftar konseli
3. Data kebutuhan dan permasalahan konseli
4. Laporan bulanan
5. Laporan semesteran/tahunan
6. Aktivitas pelayanan Bimbingan dan Konseling :

  • Pemahaman : (antara lain : sosiometri, kunjungan rumah, catatan anekdot, konferensi kasus)
  • Pelayanan langsung : (antara lain : konseling individual, konseling kelompok, konsultasi, bimbingan kelompok, bimbingan klasikal, referal)
  • Pelayanan tidak langsung : (antara lain : papan bimbingan, kotak masalah, bibliokonseling, audio visual, audio, media cetak : liflet, buku saku)

7. Laporan hasil evaluasi program, proses, produk bimbingan dan konseling serta tindak lanjutnya.

Implikasi dari adanya ketentuan penilaian di atas, maka guru bimbingan dan konseling (konselor) mutlak harus mampu merencanakan kegiatan pelayanan secara tertulis , yang didalamnya mengandung aspek-aspek yang menjadi bahan penilaian serta dapat mendokumentasikan secara baik dan tertib. Dalam hal ini, perencanaan layanan dengan gaya goal in mind tampaknya menjadi tidak relevan lagi.

Begitu juga dalam pelaksanaan layanan, guru bimbingan dan konseling dituntut untuk melakukan kegiatan pencatatan atas segala aktivitas yang dilakukannya dan melaporkannya kepada pihak yang kompeten, khususnya kepada kepala sekolah selaku atasan langsung.
Untuk mengetahui lebih jauh tentang aspek-aspek yang dinilai dari guru Bimbingan dan Konseling (konselor) dalam rangka sertifikasi, Anda bisa meng-klik dalam tautan di bawah ini.

Rubrik Penilaian Portofolio Guru Bimbingan dan Konseling (Konselor)

About these ads

24 thoughts on “Sertifikasi Guru Bimbingan dan Konseling

  1. Artikel ini sgt bagus dan bermanfaat bg guru bk. Tp sy msh bingung dg perangkat administrasi bk yg hrs dibuat. Tolong dong kirim contoh2 administrasi bk yg lengkap untuk smp

  2. mohon dikirimkan contoh program pelayanan BK yang meliputi 5 layanan khuausnya pelayanan budi pekerti dan akhlak mulia. Terima kasih.

  3. salam kompak…untuk guru bk se indonesia

    mohon saya dikirimkan contoh administrasi bk sesuai kurikulum ktsp.mohon informasi ttg info2 pelatihan bk.ok trims

  4. Tolong di kirimkan contoh PTK Bimbingan Konseling dan contoh agenda kerja BK. Ke alamat gmail saya. Trimakasih

  5. KALAU SERTIFIKASI GURU TIDAK SESUAI DENGAN IJAZAH STRATA 1 (S1)APAKAH BOLEH MENGIKUTI SERTIFIKASI BK. CONTOH S1 TEKNIK TETAPI IKUT SERTIFIKASI S1 BK

  6. salam kenal
    boleh saya minta tolong insya allah saya mau berang kat DPG apa saja yang harus di persiapkan
    terimakasih

  7. salam kenal… saya guru BK SMAN 2 Pangkalpinang Kepulauan Bangka Belitung boleh minta tolong dikirimkan format laporan bulanan dan semester BK sesuai KTSP thanxs atas bantuannya. (Dra. Eny Widyarti)

  8. bisa minta info dimana saya bisa mendapatkan modul atau lks BK utk SMP, Jika ada tolong kirim ke email saya ya…trimakasi

  9. saya mau nanya mas eko….tante saya guru yang basic nya matematika namun diberikan jam untuk mengampu pelajaran BK karena jam mengajar matematikanya hanya 14 jam. tante saya telah di ikut sertakan dalam pelatihan/pembekalan guru BK (bersertifikat). pertanyaan saya, apakah jam mengampu BK tersebut di akui oleh pemerintah sehingga bisa mengajukan sertifikasi?kalau bisa, hal itu terdapat dalam peraturan menteri No Berapa. Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s