Contoh KTSP Program Bimbingan Konseling

Sumber SMA Negeri 7 Jogja (Guru Pembimbing Pak Bandono)

  1. Latar Belakang

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan, mengamanatkan bahwa setiap satuan pendidikan harus menyusun kurikulum yang disebut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP.

Pada penerapan KTSP, Guru Bimbingan Konseling di sekolah memberikan pelayanan Bimbingan dan Konseling dalam memfasilitasi “Pengembangan Diri” siswa sesuai minat , bakat serta mempertimbangkan tahapan tugas perkembangannya. Mengingat adanya keberagaman individu siswa maupun keberagaman kemampuan Guru Bimbingan Konseling di sekolah maka perlu ditegaskan bahwa pelaksanaan bimbingan konseling di sekolah harus menyusun program guna mengakomodasi Undang-undang nomor 20 tahun 2003 dan Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tersebut beserta peraturan-peraturan yang menyertainya.

Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi yang didalamnya memuat struktur kurikulum, telah mempertajam perlunya disusun dan dilaksanakannya program pengembangan diri yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga pendidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan Bimbingan dan Konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi, kehidupan social, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.

Bimbingan konseling adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik baik secara perorangan maupun kelompok, agar mandiri dan berkembang secara optimal, dalam bimbingan pribadi, social, belajar dan karir, melalui berbagai jenis pelayanan dan kegiatan pendukung berdasarkan norma-norma yang berlaku.

Bimbingan dan konseling merupakan upaya proaktif dan sistemik dalam memfasilitasi individu mencapai perkembangan yang optimal, pengembangan perilaku efektif, pengembangan lingkungan perkembangan, dan peningkatan keberfungsian individu dalam lingkungannya. Semua perilaku tersebut merupanan proses perkembangan yakni proses interaksi antara individu dengan lingkungan. Pengampu bimbingan dan konseling adalah guru bimbingan dan konseling atau konselor yang merupakan salah satu kualifikasi pendidik.

Dalam permendiknas Nomor 23 tahun 2006 dirumuskan SKL yang harus dicapai peserta didik melalui proses pembelajaran bidang studi, maka kompetensi peserta didik yang harus dikembangkan melalui pelayanan bimbingan dan konseling adalah kompetensi kemandirian untuk mewujudkan diri (self actualization) dan pengembangan kapasitasnya (capacity development) yag dapat mendukung pencapaian kompetensi lulusan. Sebaliknya, kesuksesan peserta didik dalam mencapai SKL akan secara signifikan menunjang terwujudnya pengembangan kemandirian.

  1. Visi Dan Misi
    1. Pengembangan Diri
      1. Visi Program Pengembangan Diri
        Terwujudnya peserta didik yang mandiri dan bertanggung jawab dalam mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai kebutuhan, potensi, bakat, minat, kondisi dan perkembangannya.
      2. Misi Program Pengembangan Diri
        Memfasilitasi peserta didik dengan kegiatan-kegiatan yang memberi wadah penyaluran agar potensi, bakat dan minatnya berkembang sesuai dengan kebutuhan, kondisi dan perkembangannya.
    2. SMA Negeri 7 Yogyakarta
      1. Visi
        Membentuk peserta didik menjadi insan yang cerdas, terampil, sehat jasmani dan rohani, berbudaya, dan memiliki wawasan kewirausahaan berdasarkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
      2. Misi
        • Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui bimbingan dan kegiatan keagamaan
        • Meningkatkan prestasi akademik dan nonakademik melalui kegiatan peningkatan mutu pembelajaran dan sarana pembelajaran
        • Meningkatkan kreativitas peserta didik melalui kegiatan pengembangan potensi diri
        • Meningkatkan keterampilan dan Apresiasi peserta didik dibidang Ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, budaya dan seni melalui Construktivisme Learning dan interaksi global
        • Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani melalui bimbingan dan kegiatan olah raga dan keagamaan
        • Meningkatkan jiwa kewirausahaan melalui Pembinaan Kewirausahaan dan Kegiatan Pengembangan Wawasan Khusus.
        • Meningkatkan dan mengembangkan efisiensi pembelajaran baik secara lokal, nasional maupun Internasional
        • Meningkatkan layanan informasi pendidikan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
  2. Diskripsi Kebutuhan Siswa (9 Tugas Pokok Perkembangan Siswa)
    1. Mencapai kematangan dalam beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    2. Mencapai kematangan dalam hubungan dengan teman sebaya, serta kematangan dalam perannya sebagai pria dan wanita.
    3. Mencapai kematangan pertumbuhan jasmaniah yang sehat.
    4. Mengembangkan penguasaan ilmu teknologi dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan parir atau melanjutkan Pendidikan Tinggi
    5. Mencapai kematangan dalam pilihan karir
    6. Mencapai kematangan gambar dan sikap tentang kehidupan mandiri, secara emocional, social, intelectual dan ekonomi.
    7. Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
    8. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi social dan intelectual serta apresiasi seni.
    9. Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai.
  3. Bidang Bimbingan Dan Konseling

a. Bidang Bimbingan Pribadi adalah bidang bimbingan yang meliputi pemantapan keimanan, porensi diri, bakat, minat pemahaman kelemahan diri, kemampuan pengambilan keputusan sehingga dapat merencanakan kehidupan yang sehat.

b. Bidang Bimbingan Sosial adalah bidang yang meliputi kemampuan yang berkomunikasi, berargu mentasi, bertingkah laku sesuai dengan kebiasaan yang berlaku di rumah dan masyarakat.

c. Bidang Bimbingan Belajar adalah bidang bimbingan yang meliputi pemantapan sikap dan kebiasaan belajar yang efektif, penguasaan materi, program belajar di sekolah sesuai dengan kondisi psikis, sosial budaya yang ada dimasyarakatnya.

d. Bidang Bimbingan Karier adalah bidang bimbingan yang meliputi pemantapan pemahaman diri berkenaan dengan kecenderungan karier yang hendak dikembangkan dan dipilih.

  1. Strategi Layanan Konseling dan Kegiatan Pendukung

0. Layanan konseling meliputi :

      1. Layanan Orientasi : layanan yang memungkinkan siswa memahami lingkunagan baru, terutama lingkungan sekolah, objek-objek yang dipelajari untuk mempermudah dan memperlancarkan peran siswa
      2. Layanan Informasi : Merupakan yang memungkinkan siswa menerima, memahami, berbagai informasi.
      3. Layanan Penempatan dan Penyaluran : Merupakan layanan memungkinkanm siswa memper- oleh penempatan yang tepat.
      4. Layanan Penguasaan Konten: Merupakan layanan yang memungkinkan siswa mengembangkan sikap dan kebiasaan yang baik dalam menguasai materi yang cocok dengan kecepatan, dan kemampuan dirinya.
      5. Layanan Konseling perorangan : Merupakan layanan yang memungkinkan siswa mendapatkan layanan langsung tatap muka untuk mengentaskan permasalahan.
      6. Layanan Bimbingan Kelompok : Merupakan layanan yang memungkinkan sejumlah siswa secara bersama-sama melalui dinamika kelompok memperoleh bahan dan membahas topik tertentu.
      7. Layanan Konseling Kelompok : Merupakan layanan memungkinkan siswa masing-masing anggota kelompok memperoleh kesempatan untuk membahas dan pengentasan permasalahan pribadi melalui dinamika kelompok.
      8. Layanan Konsultasi: Merupakan layanan yang memungkinkan seseorang memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara yang perlu dilaksanakan dalam menangani kondisi dan atau permasalahan orang lain yang menjadi kepeduliannya.
      9. Layanan Mediasi:Merupakan layanan yang memungkinkan fihak-fihak yang sedang dalam keadaan saling tidak menemukan kecocokan menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki hubungan mereka.

1. Kegiatan Pendukung meliputi:

      1. Aplikasi Instrumentasi: Merupakan kegiatan untuk mengumpulkan data dan keterangan siswa
      2. Himpunan data: Merupakan kegiatan untuk menghimpun seluruh data dan keterangan yang relevan dengan pengembangan siswa.
      3. Konferensi kasus: Merupakan kegiatan untuk membahas permasalah siswa dalam suatu pertemuan yang dihadiri oleh pihak-pihak yang dapat memberi keterangan. Pada kegiatan pendukung ini kasus bersifat terbatas dan tertutup.
      4. Alih Tangan Kasus: Merupakan kegiatan pendukung untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat dan tuntas masalah yang dialami siswa dengan memindahkan penangan kasus.
      5. Kunjungan rumah: Merupakan kegiatan memperoleh data keterangan, kemudahan dan kemitraan bagi terentaskannya permasalahan siswa.
      6. Tampilan Kepustakaan: Merupakan kegiatan dengan menyediakan berbagai media informasi.
  1. Pengembangan Diri

0. Pengembangan Diri Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling

      1. Pelayanan Dasar
        • Bimbingan Klasikal
        • Pelayanan Orientasi
        • Pelayanan Informasi
        • Bimbingan Kelompok
        • Pelayanan Pengumpulan Data/ Aplikasi Instrumentasi
      2. Pelayanan Responsip
        • Konseling Individu dan Kelompok
        • Referal /Alih tangan
        • Kolaborasi dengan guru mata pelajar an atau wali kelas.
        • Kolaborasi dengan Orang Tua Siswa
        • Kolaborasi dengan Fihak-pihak terkait diluar sekolah
        • Konsultasi
        • Konferensi Kasus
        • Kunjungan Rumah
      3. Pelayanan Perencanaan Individual/Pribadi
        • Konseling Individual
        • Penempatan Penyaluran
      4. Dukungan Sistem
        • Manajemen
        • Akses Informasi dan Teknologi
        • Pengembangan Profesi
        • Pengembangan Media Informasi
        • Kolaborasi Dengan Guru Mata Pelajaran dan/atau Wali Kelas

1. Pelayanan Pengembangan Diri Oleh Pembina Ekstra Kurikuler

      1. Basket
      2. Sepakbola
      3. Tenis Meja
      4. Bulu tangkis
      5. Teater
      6. Seni Tari
      7. Seni Baca Alquran
      8. Taekwondo
      9. Karate
      10. Paduan Suara
      11. P M R
      12. Pleton Inti Kartika
      13. Dll.

About these ads

58 thoughts on “Contoh KTSP Program Bimbingan Konseling

  1. Dikira sudah sama Satlay nya mas? yang saya dapat dari dosen koq beda ya. lebih mendetail ke program bimbingannya dengan 11 aspek perkembangan.

  2. Saya dari palembang,boleh saya dikasihkan contoh ktsp terbaru untuk siswa sma dan program yg dilakukan utk kelas semester pendek utk siswa kelas x

  3. ada informasi dari bp nurjaman (salah satu penyusun portofolio BK), untuk portoflio BK memakai yg Permendiknas No 22 th 2006 ttg pengembangan diri

  4. bleh minta contoh himpunan data masalah kebiasaan belajar siswa berikut cara mengolah datanya. maksi belumnya. dari guru bk Selayar

  5. ass, pak bisa minta bahasan / bahan yang mengulas tentang hubungan manajemen diri dengan prestasi belajar

  6. pak bandono,bisa nggak kirimi saya silabus dan rpp bk berbasis ktsp,klo bisa kirim ke email saya aja ya pak.nanyak nih pak bandono,dlm program ktsp ini, jumlah siswa per kelas sebanyak 32 orang siswa,berarti siswa binaan kita semakin berkurang jika di sekolah tsb ada beberapa oarang guru bk,bagai mana jalan keluar biar bisa diperhitungkan utk sertifikasi pak,sebelumnya trims

  7. pak ijin mengambil tulisan bapak buat panduan di sekolah saya
    terima kasih atas di perkenankanya?

  8. mata kuliah evaluasi dan supervisi bk disekolah yaitu mengevaluasi program yang programnya adalah program bk.
    tolong disebutkan program bk apa saja yang bisa dievaluasi??

  9. sebaiknya kita pahami dulu yg mana dari BK itu yang harus di evaluasi
    Anda bisa membaca pada buku karang Prof Ketut Darsana

  10. aq juga jurusan Bk nich…dlm tahap mata kUl ini pula…

    tugas_a rumit bngt…
    pusinG…
    bantu aq ya…!!!

    aq butuh gmn Cr mengevaluasi programnya……???

    dijelasin dsEn pi Gk nGertiiii….!!
    dodol bgt khan…^_^

  11. tlgla pak contoh konkrit-a dalam mengevaluasi program bk mengenai BKP ttg pemahaman diri.

    saya tungGu bsk y pakk??

    tanks…
    ijin ya saya ambil data bpk…demi tgs kul…n masa dpn…hehehe,,,

  12. PAK TOLONG KIRIMKAN : SILABUS BK, RPP BK, LANDASAN DASAR BK, PANDUAN AZAZ BK PROGRAM, DAN DASAR-DASAR BK UNTUK SMK NEGERI 1 KAUR……. SEBELUMNYAA SAYA UCAPKAN TERIMAKASIH…
    SAYA TUNGGU SECEPATNYA YA PAK

  13. Pak,kasian banget di sumatera utara terutama di kota/kabupaten, guru BK yg lulus portopolio bisa dihitung dengan jari. Apa yang terjadi sebenarnya? seperti apa ya format-format yang diinginkan dalam portopolio BK? Tidak adanya keseragaman format-format spt agenda kerja BK,PROTA BK,lap bulanan BK,format lay kons individual dll,sy amati membuat guru BK kewalahan. sementara itulah yang diminta dalam penilaian portopolio BK. Kasian yah guru BK.. sudahlah terkadang tidak tahu tupoksinya di sekolah…tambah lagi.,.

  14. kami dari madrsah di bali sangat memerlukan informasi pendidikan, mohon kirimkan format program pengembangan diri

  15. saat ini sya lgi bingung membuat program,silabus,satlan bk..
    mhon bntuanya..
    oya,apa ada angket2 mslah belajar karir sosial pribadi?

  16. silahkan cari di blog ini dengan kata kunci “administrasi bimbingan dan konseling”
    semoga bermanfaat
    klo angket saya blum punya

    sukses

  17. program yang di tampilkan sudah cukup bagus dan membantu, tapi kalau bisa di sertai dengan contoh hingga jadi lebih sempurna

  18. hm..
    menurut pendapat saya justru BK lebih dulu berkontribusi mengembangkan karakter
    klo mau buat program BK berkarakter tidak mesti ada kata karakter tp dapat dilihat dari
    sejauh mana program yg dibuat dapat memandirikan siswa
    …..

  19. pak bagaimana membuat program tahunan , program semester, program bulanan, program mingguan, dan program harian yang benar

  20. ASS PAK, PAK BISA KRIMIN KE EMAI SAYA PRANGKAT BK BPK, PROGRAM TAHUNAN,BULANAN, MINGGUAN, HARIAN, TRUS PAK LAPORAN BK KE KEPSEK,KOTAK MASALAH, BUKU PRIBADI SISWA YG PENTING, PERANGKAT BK PAK, ATAS KIRIMAN BPK SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH

  21. Tulisan bapak sangat bermanfaat bagi saya yg sedang belajar tentang BK. Semoga sukses selalu dan karya2 tuisnya semakin banyak

  22. Pak,saya jadi BP/BK di MA,jika tidak keberatan mohon dikasih Tugas pokok dan cheklist atau perangkat bimbingan di sekolah yang standard,suwun.mohon kirimke email saya .Suwun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s